Melepas layar LCD Laptop


Layar LCD termasuk dari salah satu komponen laptop yang rentan terhadap kerusakan. Sebenarnya

Jika terjadi masalah pada tampilan layar LCD, ada beberapa kemungkinan yaitu dari faktor kartu grafis atau LCD inverter. Jadi , sebelum memutuskan untuk melepas layar LCD dan menggantinya, pastikan kedua faktor tidak bermasalah. Berikut ini kita akan praktik membuka inverter LCD dan layar LCD, berikut langkah langkahnya

LCD laptop

1. Jika diperhatikan pada sisi sisi pojok LCD, terdapat karet pelindung baut. Buka karet penutup meggunakan jarum di empat titik tersebut .

2. Setelah karet penutup baut terlepas, buka baut dengan obeng di empat titik.

3. Jika semua baut telah terlepas, tarik bagian bawah LCD cover secara perlahan. Jika bagian bawah sudah terbuka, lakukan hal serupa pada bagian samping dan atas LCD cover.

4. Setelah LCD cover terlepas, kita bisa melihat baut di setiap pojok sisi LCD. Buka baut baut tersebut untuk melepaskan LCD dengan cover belakang .

5. Jika semua baut penahan LCD sudah dibuka, lepaskan cover belakang LCD. Agar mudah dalam melepaskanya, tegakkan cover belakang, lalu tarik.

6. Setelah itu , lepaskan baut pengunci inverter dari cover belakang LCD.

7. Inverter masih terhubung dengan mainboard. Lepaskan dengan mencabut kabel pinnya.

8. Inverter masih terhubung dengan layar LCD. Pada bagian bawah LCD, lepaskan kabel LCD backlight yang masih terhubung ke inverter.

9. Inverter masih terhubung ke layar LCD. Pada bagian belakang LCD, lepaskan sticker penahan lalu cabut kabel dari slotnya. Harap berhati hati dalam melakukannya, karena bentuk dari kabel data tipis sekali.

10. Sekarang kita akan melepas LCD. Buka semua baut yang menahan LCD dengan bingkainya secara hati hati. Lepaskan baut yang berada pada sisi kiri dan kanan LCD. Agar tidak jatuh, buka baut secara bergantian kiri dan kanan serta gunakan tangan sebagai penahan agar LCD tidak jatuh

11. LCD sudah terlepas

No comments:

Post a Comment